Selamat Datang

Hi, selamat datang di Toko Online LapakInline. Toko ini adalah tempat jual beli barang-barang olahraga baik itu pakaian, aksesoris, dan sepatu. Silahkan berbelanja disini dijamin Anda akan puas.

Produk Pilihan

sticky

Produk Terbaru

Desa Wisata Desa Banyumulek

Publikasi Wednesday, January 22, 2020
Desa Banyumulek terletak di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Desa ini terletak sekitar 14 kilometer sebelah selatan Mataram, ibukota Nusa Tenggara Barat. Mengunjungi Desa sering menjadi agenda utama bagi para wisatawan yang datang ke Pulau Lombok, khususnya yang menyukai kerajinan gerabah. Setelah memasuki desa, wisatawan akan disambut oleh sebuah frame gerbang besi bertuliskan “Pusat Industri Tembikar Banyumulek”.
Setelah masuk, di sepanjang jalan desa wisatawan akan melihat deretan toko-toko seni di depan rumah-rumah warga. Deretan toko-toko seni ini menjual berbagai kerajinan seperti tembikar selao (barel), dumang (anglo), kekete atau sigon (pan), kemek (pot), ceret, tong sampah, guci dan lain sebagainya. Selain kerajinan yang fungsional, seperti pot, dan laras, produk gerabah Banyumulek juga menyediakan hasil kerajinan untuk dekorasi ruangan, seperti asbak, vas bunga, patung, mangkuk, lampu dinding dan hiasan dinding. Yang menarik adalah cara pembuatan tembikar di Banyumelek ini masih mempertahankan teknik pembakaran tradisional, yaitu dengan menggunakan jerami dan kayu bakar.
Teknik pembakaran sering dikenal dengan nama Tenunuq Lendang atau terbakar di tenagh-tenagh kebun tembikar, karena pembakaran dilakukan secara terbuka (di luar ruangan), teknik ini dikatakan memiliki keuntungan, yakni gerabah dapat dikeluarkan lebih leluasa untuk diwarnai atau ditambah dekorasi dan ukiran.
Daya tarik keunikan lainnya dari dekorasi tembikar Banyumulek yaitu terbuat dari anyaman rotan sebagai penghias. Selain itu, tembikar Banyumulek biasanya juga dihiasi dengan pasir putih yang ditempelkan dengan bentuk dan motif tertentu, sehingga membentuk hiasan rapi dan menarik. Jika tertarik, wisatawan juga dapat menyaksikan secara langsung pembuatan gerabah. Harap dicatat, sebagian besar pengrajin di Banyumulek adalah perempuan, terutama ibu-ibu. Mungkin ada keyakinan di masyarakat semancam Banyumulek, bahwa wanita bisa lebih teliti dan detail, sehingga mempengaruhi hasil akhir dalam pembuatan tembikar.
Dari semua jenis gerabah yang diproduksi di Banyumulek, ada satu model tembikar yang memiliki desain yang unik dan tidak ada di pusat-pusat industri tembikar lainnya, yaitu Kendi Maling. Kendi adalah jenis alat minum seperti teko yang terbuat dari tanah liat. Sekilas memang serupa dengan kendi-kendi lainnya, yang sama-sama sebagai tempat untuk minum, tetapi jika diamati lebih jeli, Kendi Maling ini memiliki perbedaan, yaitu adanya lubang di bagian bawah kendi untuk mengisi air. Singkatnya, jika kendi-kendi umumnya diisi dengan air melalui lubang di bagian atas, sedangkan kendi yang ini diisi melalui lubang di bagian bawah. Menariknya, jika kendi diisi dengan air dan kemudian terbalik dalam posisi berdiri, maka air tidak akan tumpah.
Dinamakan Kendi Maling terkait dengan cerita yang beredar di masyarakat Lombok. Cerita mengatakan bahwa jika ada pencuri atau pencuri masuk dan mencuri di daerah Lombok pasti pencurinya tidak bisa keluar dari daerah tersebut, dan akhirnya tertangkap.
Jika Anda memeriksa secara rinci hasil kerajinan gerabah di Desa Banyumulek, Anda bisa melihat tembikar hias di desa ini yang sebagian besar menggunakan motif tanaman, yang berbeda dari desa tembikar hias lainnya di Lombok, seperti kerajinan tangan dari Panunjak (Lombok Tengah) dan Masbagik (Lombok Timur) ditandai dengan motif hewan laut dan motif orang. Motif pada tembikar di Lombok biasanya masih menggabungkan fitur budaya Sasak pada bagian dekorasi kermaik.

Artikel

Baca Artikel Lainnya

Review Product

LATEST BLOGS

Berlangganan Email

Copyright © 2019
%5
+2000
+3000
$7000
$70000
artikel
Botol Bage
Coba
Hario
Hitam
Manual Brewing
Oke
produk
sticky
Tes
tesoke
V60

Kontributor

Saya pengurus koperasi bina harapan sejahtera desa banyumulek kecamatan kediri kabupaten lombok barat provinsi nusa tengara barat dan juga mempunyai usaha kerajinan lombok seperti gerabah ketak dll.